EKONOMI MANAJERIAL

Ekonomi Manajerial 
Masalah-masalah Ekonomi Manajerial


Ekonomi manajerial merupakan ilmu untuk mengatasi masalah-masalah di suatu perusahaan untuk menghasilkan laba semaksimal mungkin dengan cara yang paling efisien. Posisi ekonomi manajerial dalam suatu perusahaan adalah berkaitan dengan manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen operasional, serta manajemen pemasaran. Untuk itu, dalam mempelajari ilmu ekonomi manajerial posisikan diri anda sebagai manajer puncak.
Dalam suatu perusahaan tugas utama manajer adalah membuat keputusan yang mampu meningkatkan performansi dari organisasi. Dengan demikian tugas manajer dalam organisasi bisnis adalah membuat keputusan yang berkaitan dengan masalah-masalah bisnis sedemikian rupa sehingga keputusan itu diharapkan akan memungkinkan organisasi bisnis mencapai tujuanya, seperti: meningkatkan produktivitas, memperluas pangsa pasar (market share), meningkatkan keuntungan, mengurangi biaya, dan lain-lain, yang pada prinsipnya akan meningkatkan performansi bisnis dalam situasi ekonomi yang sangat kompetitif.
Perusahaan adalah suatu organisasi yang mengkombinasikan dan mengorganisasikan berbagai sumber daya dengan tujuan untuk memproduksi barang atau jasa untuk dijual sehingga mampu memperoleh laba semaksimal mungkin.
Berikut ini adalah masalah-masalah dalam ekonomi manajerial : 
1.Penentuan laba
Laba merupakan tujuan akhir dari suatu perusahaan. Laba merupakan sarana untuk menciptakan kesejahteraan bagi pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan.
2.produk dan jumlah produksi
            Untuk memperoleh laba semaksimal mungkin sebuah perusahaan harus mampu meningkatkan penjualannya. Upaya apa yang harus dilakukan perusahaan agar memperoleh penjualan tinggi, tentu saja harus mempunyai konsumen yang banyak dengan daya beli konsumen yang tinggi pula. Oleh karena itu untuk meningkatkan daya beli kosumen kita harus mengetahui terlebih dahulu produk apa yang harus kita produksi dan berapa jumlah produk yang akan kita produksi.

             3.Teknik produksi
Setiap manusia mempuyai keinginan yang tidak terbatas, sedang dilain pihak sumber daya yang dimiliki terbatas. Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen yang didukung oleh daya beli konsumen akan memunculkan permintaan konsumen yang akan mendorong terciptanya suatu produk.
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan konsumen terhadap  suatu barang / jasa, antara lain :
- Tingkat pendapatan seseorang/masyarakat
- Jumlah penduduk
- Selera penduduk
- Fluktuasi ekonomi
- Harga barang yang di tuju
- Harga barang subsitusi
- Faktor lain (jenis kelamin, usia, budaya, harapan, hubungan sosial, dan politik) 

          4. Biaya produksi dan pemasaran
Keputusan Manajerial memerlukan perbandingan antara biaya dan manfaat. Biaya mencerminkan efisiensi manajerial. Maka, dalam konsep biaya penggunaannya dihitung dalam nilai ekonomi. Sedangkan dalam konsep produksi, penggunaannya dihitung dalam nilai phisik. Biaya dalam produksi dapat dijadikan untuk menentukan harga (pricing).
Biaya produksi adalah keseluruhan biaya produksi ekonomi yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi suatu barang. Biaya produksi ini diperlukan untuk mendukung proses pengolahan bahan baku menjadi produk jadi yang siap dipasarkan kepada konsumen.
Jika suatu perusahaan sudah mempunyai produk/jasa yang akan diproduksi tentunya perusahaan juga harus mampu membidik pasar yang tepat dalam memasarkan produknya. Sehingga, produk tersebut dapat terjual banyak, dan meningkatkan penjualan perusahaan sehingga menjadikan perusahaan untung yang maksimal karena memperoleh laba yang maksimal.  

           5.Daya serap pasar
Daya serap pasar merupakan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan dalam memasarkan hasil produksi dari usaha/proyek yang direncanakan.
  
6.Tingkat elastisitas pasar 
Tingkat elastisitas dapat mengukur seberapa besar besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.
  
7.Investasi dan pendanaan  
Selain adanya modal, perusahaan juga memerlukan investasi dan pendanaan dari pihak lain dalam kegiatan produksinya. 

           8.Penetapan harga
Harga merupakan hal yang terpenting dalam sebuah bisnis, barang yang dijual harus ditentukan harganya sehingga seluruh pihak akan memperoleh keuntungan dari pemberian harga yang pas, dai mulai karyawan, pemilik perusahaan, sampai para pemegang saham juga mendapatkan hasil yang memuaskan karena strategi penetapan harga yang pas. Ketika suatu perusahaan telah menetapkan harga dasar dari suatu produk barang atau jasa maka perusahaan dapat menentukan strategi harga dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti harga kompetitor, tujuan perusahaan dan daur hidup produk.

            Dalam mempelajari ilmu ekonomi manajerial kita harus memahami teori-teori ekonomi perusahaan seperti teori  perilaku konsumen, teori produksi, teori pembiayaan dan investasi serta teori harga dan pasar. Selain itu, kita juga harus memahami ilmu pengambilan keputusan, yang meliputi: teknik optimasi, peramalan, teori permainan, analisis numerik, dan estimasi statistik. Dalam rangka memecahkan masalah-masalah manajerial sehingga muncul solusi optimal terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan keputusan manajerial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKONOMETRIKA

EKONOMETRIKA

EKONOMI MANAJERIAL