EKONOMI MANAJERIAL
Ekonomi Manajerial
Masalah-masalah Ekonomi Manajerial
Ekonomi
manajerial merupakan ilmu untuk mengatasi masalah-masalah di suatu perusahaan
untuk menghasilkan laba semaksimal mungkin dengan cara yang paling efisien. Posisi
ekonomi manajerial dalam suatu perusahaan adalah berkaitan dengan manajemen
keuangan, manajemen SDM, manajemen operasional, serta manajemen pemasaran.
Untuk itu, dalam mempelajari ilmu ekonomi manajerial posisikan diri anda
sebagai manajer puncak.
Dalam suatu perusahaan tugas utama manajer adalah membuat
keputusan yang mampu meningkatkan performansi dari organisasi. Dengan demikian
tugas manajer dalam organisasi bisnis adalah membuat keputusan yang berkaitan
dengan masalah-masalah bisnis sedemikian rupa sehingga keputusan itu diharapkan
akan memungkinkan organisasi bisnis mencapai tujuanya, seperti:
meningkatkan produktivitas, memperluas pangsa pasar (market share),
meningkatkan keuntungan, mengurangi biaya, dan lain-lain, yang pada prinsipnya
akan meningkatkan performansi bisnis dalam situasi ekonomi yang sangat kompetitif.
Perusahaan
adalah suatu organisasi yang mengkombinasikan dan mengorganisasikan berbagai
sumber daya dengan tujuan untuk memproduksi barang atau jasa untuk dijual
sehingga mampu memperoleh laba semaksimal mungkin.
Berikut ini adalah masalah-masalah dalam ekonomi manajerial :
1.Penentuan
laba
Laba
merupakan tujuan akhir dari suatu perusahaan. Laba merupakan sarana untuk
menciptakan kesejahteraan bagi pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan.
2.produk dan jumlah produksi
Untuk
memperoleh laba semaksimal mungkin sebuah perusahaan harus mampu meningkatkan
penjualannya. Upaya apa yang harus dilakukan perusahaan agar memperoleh
penjualan tinggi, tentu saja harus mempunyai konsumen yang banyak dengan daya
beli konsumen yang tinggi pula. Oleh karena itu untuk meningkatkan daya beli
kosumen kita harus mengetahui terlebih dahulu produk apa yang harus kita
produksi dan berapa jumlah produk yang akan kita produksi.
3.Teknik produksi
Setiap
manusia mempuyai keinginan yang tidak terbatas, sedang dilain pihak sumber daya
yang dimiliki terbatas. Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen yang
didukung oleh daya beli konsumen akan memunculkan permintaan konsumen yang akan
mendorong terciptanya suatu produk.
Faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu barang / jasa, antara lain :
- Tingkat
pendapatan seseorang/masyarakat
- Jumlah
penduduk
- Selera
penduduk
- Fluktuasi
ekonomi
- Harga barang
yang di tuju
- Harga barang
subsitusi
- Faktor lain
(jenis kelamin, usia, budaya, harapan, hubungan sosial, dan politik)
4. Biaya produksi dan pemasaran
4. Biaya produksi dan pemasaran
Keputusan
Manajerial memerlukan perbandingan antara biaya dan manfaat. Biaya mencerminkan
efisiensi manajerial. Maka, dalam konsep biaya penggunaannya dihitung dalam
nilai ekonomi. Sedangkan dalam konsep produksi, penggunaannya dihitung dalam
nilai phisik. Biaya dalam produksi dapat dijadikan untuk menentukan harga (pricing).
Biaya produksi adalah keseluruhan
biaya produksi ekonomi yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi suatu barang. Biaya produksi ini diperlukan untuk mendukung proses
pengolahan bahan baku menjadi produk jadi yang siap dipasarkan kepada konsumen.
Jika
suatu perusahaan sudah mempunyai produk/jasa yang akan diproduksi tentunya
perusahaan juga harus mampu membidik pasar yang tepat dalam memasarkan produknya.
Sehingga, produk tersebut dapat terjual banyak, dan meningkatkan penjualan
perusahaan sehingga menjadikan perusahaan untung yang maksimal karena
memperoleh laba yang maksimal.
5.Daya serap pasar
5.Daya serap pasar
Daya serap pasar merupakan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan
dalam memasarkan hasil produksi dari usaha/proyek yang direncanakan.
6.Tingkat elastisitas pasar
Tingkat elastisitas dapat mengukur seberapa besar besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.
7.Investasi dan pendanaan
Selain adanya modal, perusahaan juga memerlukan investasi dan pendanaan dari pihak lain dalam kegiatan produksinya.
8.Penetapan harga
Harga merupakan
hal yang terpenting dalam sebuah bisnis, barang yang dijual harus ditentukan
harganya sehingga seluruh pihak akan memperoleh keuntungan dari pemberian harga
yang pas, dai mulai karyawan, pemilik perusahaan, sampai para pemegang saham
juga mendapatkan hasil yang memuaskan karena strategi penetapan harga yang pas.
Ketika suatu perusahaan telah menetapkan harga dasar dari suatu produk barang
atau jasa maka perusahaan dapat menentukan strategi harga dengan
mempertimbangkan berbagai faktor seperti harga kompetitor, tujuan perusahaan
dan daur hidup produk.
Dalam mempelajari ilmu ekonomi
manajerial kita harus memahami teori-teori ekonomi perusahaan seperti
teori perilaku konsumen, teori produksi,
teori pembiayaan dan investasi serta teori harga dan pasar. Selain itu, kita
juga harus memahami ilmu pengambilan keputusan, yang meliputi: teknik optimasi,
peramalan, teori permainan, analisis numerik, dan estimasi statistik. Dalam
rangka memecahkan masalah-masalah manajerial sehingga muncul solusi optimal
terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan keputusan manajerial.
Komentar
Posting Komentar